Sabtu, 09 April 2011

Tugas Softskill Bahasa Indonesia

Proposal

Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.

Sumber: http://chandil.wordpress.com/2007/05/02/definisi-proposal/

Contoh Proposal

PROPOSAL USAHA BISNIS WARUNG SANDWICH

1. Strategi bisnis:
* Belum adanya usaha serupa yang dijual di sekitar komplek tersebut
* Adanya produk-produk atau jasa yang saling menguatkan dan saling menutupi atas kemungkinan akan fluktuatif pembeli. (one stop book shopping, printing, software building & designing)
* Tidak mengenal adanya musim
* Iklan di internet, majalah (majalah wildan gratis), e-mail dan melalui milist, maupun direct marketing berupa penyebaran brosur.
* Usaha antar-jemput
* Timing tepat : Anak masuk sekolah
* Tempat yang tepat dekat dengan pasar swalayan aneka buana dan dekat dengan kampus-kampus Islam dan kampus umum (UIN, Universitas Muhammadiyyah membuka kelas computer)
* Penjualan dilakukan di dunia virtual http://www.toko.ikhwan-interaktif.com maupun dunia offline (sebenarnya).
* Pembelian produk dari supplier bisa on demand (atas permintaan) dan bayar mundur.
* Target market tidak hanya terhadap local (jabodetabek), akan tetapi lebih berifat internasional.
* Target market tidak hanya terhadap individu (buku, obat-2an, baju muslim/koko) akan tetapi juga terhadap pemilik usaha (web, hosting, printing, designing) dengan below the line:
o printing
o publishing
o shopping : tas anak sekolah, buku (note book), buku paket siswa (pegangan siswa), buku-buku computer/umum, buku-buku manhaj salaf, kitab-kitab berbahasa Arab, majalah Islam.
o designing meliputi : cover buku, cover vcd, internet, dan berbagai aplikasi lain yang bisa diterapkan di rumah tangga maupun industri/perusahaan seperti X-Banner.
o obat-obatan Islami
o software scripting
o videografi & Multimedia interaktif
o berbagai produk yang tidak terkategorikan seperti di atas seperti : VCD kajian, VCD Murottal, Kaset Kajian, Kaset Murottal, minyak wangi, siwak, baju muslim/koko, madu, ATK dll.
* Penjualan: sistim bagi hasil laba bersih, penjual: 30%, pemilik: 70%. Berupa kios, di lokasi yang banyak dilewati orang-orang dan strategis baik yang akan pergi berangkat kerja maupun berbelanja di pasar swalayan aneka buana atau hanya sekedar jalan. Dan dibantu dengan letak strategis di lingkungan kampus.
* Estimasi modal Barang (buku, obat-obatan dan lain sebagiannya/barang yang akan dijual Rp. 10.000.000
* Estimasi laba per bulan : (pemasukan - pengeluaran) =
(laba kotor - ongkos) =
( 14.500.000 – 4.200.000) = Rp 10.300.000
2. Kebutuhan modal awal:
* Rak buku : @ Rp. 400.0001 (sudah plittur) = 4 x 400.000 = 1.600.000 + 200.000 (ongkos kirim)
* Meja kasir + Kursi : Rp. 250.000 (Perkiraan)
* Line Telp. Rp. 500.000
* Sambungan Internet
* Kendaraan
* Scanner = Rp. 900.000
* Pesawat telp./fax
* Printer
* Kipas Angin Rp. 250.000 (perkiraan)
* 1 buah kios Rp 20.000.0002/thn = 1.777.777/bulan
* Promosi : spanduk, pamflet, kartu nama, flyer, X-Banner, Nota : Rp 1.000.000
* Beli Barang (buku, obat-obatan dan lain sebagiannya/barang yang akan dijual Rp. 10.000.000
* Total : Rp 16.400.000

1. Ongkos rutin bulanan:
* Listrik + Telp. = Rp. 1.000.000 (perkiraan)
* Internet provider Rp. 2.000.000
* Sewa etalase @ Rp. 200.000 x 6 = 1.200.000
* BBM = 200.000
* Total : Rp 4.400.000,-

1. Estimasi pemasukan:

Diperkirakan bisa menjual:
- Buku 200 (sehari dianggap laku 7 buah) @ 30.000 dengan harga penerbit diskon 40 prosen/buku = 2.400.000

- VCD 50 (sehari dianggap laku 2 buah) @ 25.000 dengan harga publisher diskon 40 prosen/buah = 500.000

- Obat-obatan 350 (sehari dianggap laku 12) @ 45.000 dengan harga diskon 40 prosen/buah = 6.300.000

- Design & cetakan Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu cetakan)

- Design Internet Rp. 2.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu design)

- Design Multimedia interaktif dan videografi Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap satu design)

- Webhosting Rp. 300.000/URL/bulan (satu bulan dianggap dapat satu URL)

- Lain-lain sekitar Rp. 2.000.000 (Jual Diskete/CD/ATK/Lain2 ATK dll)

TOTAL = Rp. 15.500.000

Misalkan ada 2000 orang yang lalu lalang dan melihat brosur/iklan kita, maka kemudian kita ambil persentase konservatif bahwa akan ada 1% yang tertarik dengan iklan kita. Maka, didapatlah estimasi omset 20 buah atau pelanggan per hari.

1. Design
*
o Flyer (menyusul)
o Nota (menyusul)
o X-Banner (menyusul)
o Banners (menyusul)

1. Prasyarat yang harus diikuti sebelum design
*
o tidak membuat, mengambil gambar bernyawa kecuali bagian yang dibenarkan oleh syara’
o tidak mengandung unsur musik atau nyanyian atau kata yang tidak diperbolehkan syara’
2. Waktu buka

- Waktu buka adalah jam 09.00 – 20.00 (setiap sholat akan tutup selama +/- 15 menit),

- Waktu sebelum buka toko akan dipergunakan untuk memproses orderan, belanja dan sebagainya.

- Ketika ada pengajian toko tutup

Catatan:

1. Karena ruangan besar, maka bisa dikontrakan kepada yang lain separuh dari ruangan sekitar 400.000-Rp. 1.500.000/bln
2. Harga sewa ruangan di konversi ke bulanan sehingga ongkos perbulan seharusnya ditambah 1,7 juta, yaitu 4,2 juta + 1,7 juta = 5,9 juta
3. Scanner sangat diperlukan untuk upload foto produk/jasa di website, walau begitu usaha bisa berjalan tanpa adanya scanner
4. Printer masih dirasa belum perlu
5. Kendaraan berguna untuk memperlancar mobilitas kegiatan jual-beli produk atau jasa, dan kami telah mempunyai motor akan tetapi baru satu kali bayar (lagi nunggu STNK)
6. mengenai sambungan internet dan telp/fax, saya tidak mengetahui pasti untuk lingkungan bisnis. Akan tetapi, jika di warnet yang sudah berjalan Rp. 5.000.000 untuk paket warnet (unlimited) untuk itu dimohon bapak untuk mempertimbangkan/mengkonfirmasi kembali ke pihak yang bersangkutan.
7. Pada dasarnya computer yang sudah ada tidak memiliki spesifikasi yang bagus untuk videografi & multi media design sehingga diperlukan penambahan sebagai berikut:
*
o RAM yang ada 256 MB dan yang terbaca 192 MB, minimum requirement 1 Ghz
o Processor Intel M Inside requirement dual core dengan harga upgradeRp. 800.000

Untuk itu baru dapat ditargetkan masing-masing design satu design, dan juga dikarenakan kita belum mempunyai mesin cetaknya.

Untuk penambahan/upgrade diperlukan jika sudah terlihat kebutuhannya saja.

1. software scripting belum dimasukan omsetnya karena bergantung kepada perusahaan apa, dan biasanya memerlukan waktu bulanan (3 bulan) dengan harga kisaran Rp. 3.000.000-20.000.000
2. tidak dicantumkan pengurusan izin yang konon katanya hanya menghabiskan 1.000.000, benarkan harus ada?
3. Jika omset berada pada kisaran 30.000.000 (dengan pembuatan software atau memang mencapai angka tersebut) mohon diberikan kebijaksanaan untuk mengubah system penggajian kepada system bagi hasil sesuai dengan kesepakatan misal 20 : 80
4. modal beli barang saya pakai 10.000.000 walaupun sebenarnya itu akan hanya sedikit sekali untuk ukuran 6 x15 m
5. Perhitungan gaji karyawan tidak dimasukan karena bercampur dengan kursus bahasa Arab (mohon kalkulasi sendiri)
6. wassalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Lihat lampiran

Lampiran

Tabel Perhitungan secara riil (tidak dibagi perbulan untuk bangunan/sewa toko

No.

Nama/Deskripsi

Harga

Modal Awal

1.

Rak Buku

Rp. 1.800.000

2.

Meja kasir + Kursi : (Perkiraan)

Rp. 250.000

3.

Line Telp

Rp. 500.000

4.

Scanner

Rp. 900.000

5.

Kipas Angin

Rp. 250.000 (perkiraan)

6.

Ruko

Rp. 20.000.000

7.

Promosi

Rp. 1.000.000

8.

Beli Produk

Rp. 10.000.000

9.

Printer


10.

Internet


11.

Pesawat telp./fax


12.

Kendaraan




Total

Rp. 26.700.000





Ongkos Rutin Bulanan

1.

Listrik + Telp.

Rp. 1.000.000 (perkiraan)

2.

Internet provider

Rp. 2.000.000 (perkiraan)

3.

Sewa etalase

@ Rp. 200.000 x 6 = 1.200.000

4.

BBM =

Rp. 200.000



Total :

Rp. 4.400.000,-





Estimasi pemasukan


Buku 200 (sehari dianggap laku 7 buah)

@ 30.000 dengan harga penerbit diskon 40 prosen/buku = 2.400.000


VCD 50 (sehari dianggap laku 2 buah)

@ 25.000 dengan harga publisher diskon 40 prosen/buah = 500.000


Obat-obatan 350 (sehari dianggap laku 12)

@ 45.000 dengan harga diskon 40 prosen/buah = 6.300.000


Design & cetakan

Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu cetakan)


Design Internet

Rp. 2.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu design)


Design Multimedia interaktif dan videografi

Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap satu design)


Webhosting

Rp. 300.000/URL/bulan (satu bulan dianggap dapat satu URL)


Lain-lain sekitar

Rp. 2.000.000 (Jual Diskete/CD/ATK/Lain2 ATK dll)


TOTAL =

Rp. 15.500.000

Modal usaha beli barang diperbesar Rp. 20.000.000 karena toko terlihat begitu besar

No.

Nama/Deskripsi

Harga

1.

Rak Buku

Rp. 1.800.000

2.

Meja kasir + Kursi : (Perkiraan)

Rp. 250.000

3.

Line Telp

Rp. 500.000

4.

Scanner

Rp. 900.000

5.

Kipas Angin

Rp. 250.000 (perkiraan)

6.

Ruko

Rp. 20.000.000

7.

Promosi

Rp. 1.000.000

8.

Beli Produk

Rp. 20.000.000

9.

Printer


10.

Internet


11.

Pesawat telp./fax


12.

Kendaraan






Total

Rp. 36.700.000

Beli produk diperbesar lagi jadi Rp. 30.000.000

No.

Nama/Deskripsi

Harga

1.

Rak Buku

Rp. 1.800.000

2.

Meja kasir + Kursi : (Perkiraan)

Rp. 250.000

3.

Line Telp

Rp. 500.000

4.

Scanner

Rp. 900.000

5.

Kipas Angin

Rp. 250.000 (perkiraan)

6.

Ruko

Rp. 20.000.000

7.

Promosi

Rp. 1.000.000

8.

Beli Produk

Rp. 30.000.000

9.

Printer


10.

Internet


11.

Pesawat telp./fax


12.

Kendaraan






Total

Rp. 46.700.000

1 Ukuran 190 x 150 x 25

2 Ukuran 6 x 15 m

Semoga proposal usaha bisnis kedai diatas memberi inspirasi kepada anda untuk wirausaha

Sumber : http://besteasyseo.blogspot.com/2009/08/contoh-proposal-usaha-bisnis-lengkap.html

Definisi Laporan

Pengertian Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan adalah suatu ikhtisar tentang hal ikhwal pelaksana suatu kegiatan, yang harus disampaikan oleh pembina kepada pihak yang memberi tugas sebagai pertanggungjawaban.

Pentingnya Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan merupakan alat yang penting untuk :

  1. Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan.
  2. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
  3. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan.
  4. Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.

Macam Laporan Kegiatan

A. Ditinjau dari cara penyampaian, terdapat :

1) Laporan lisan, disampaikan secara lesan, biasanya dilakukan hal-hal yang perlu segera disampaikan laporan lisan dapat dengan tatap muka, lewat telepon , wawancara dan sebagainya.

2) Laporan tertulis, disampaikan secara lengkap dalam bentuk tulisan.

B. Ditinjau dari bahasa yang digunakan, terdapat :

1) Laporan yang ditulis secara populer, yang menggunakan kata-kata sederhana, kadang-kadang diselingi dengan kalimat humor / lucu.

2) Laporan yang ditulis secara ilmiah, sebagai hasil peneliti. Biasanya isinya singkat tetapi padat dan sistimatis serta logis.

C. Ditinjau dari isinya, dapat dibedakan :

1) Laporan kegiatan, misalnya pelaksanaan perkemahan, pelaksanaan ujian SKU, SKK, Pramuka Garuda.

2) Laporan perjalanan, misalnya laporan wisata, pengembaraan, penjelejahan dan sebagainya.

3) Laporan keuangan, menyangkut masalah penerimaan dan penggunaan uang.

Sistimatika Laporan

Hendaknya laporan lengkap, dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ),( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana ( how ). siapa

Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :

  1. 1. Pendahuluan

Pada pendahuluan disebutkan tentang :

  1. Latar belakang kegiatan.
  2. Dasar hukum kegiatan.
  3. Apa maksud dan tujuan kegiatan.
  4. Ruang lingkup isi laporan.

  1. 2. Isi Laporan

Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :

  1. Jenis kegiatan.
  2. Tempat dan waktu kegiatan.
  3. Petugas kegiatan.
  4. Persiapan dan rencana kegiatan.
  5. Peserta kegiatan.
  6. Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
  7. Kesulitan dan hambatan.
  8. Hasil kegiatan.
  9. Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
  1. 3. Penutup

Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Laporan diusahakan agar :

  1. Singkat dan padat.
  2. Runtut atau sistimatis.
  3. Mudah dipahami isinya.
  4. Isinya lengkap.
  5. Menarik penyajiannya.
  6. Berpegangan pada fakta, data dan persoalannya.
  7. Tepat pada waktunya.

Lain – lain.

a. Dalam laporan dapat dilampirkan : photo-photo kegiatan, tanda bukti, surat-surat keterangan dan sebagainya ( copy )

b. Untuk mempermudah penyusunan laporan sebaiknya tetap mengacu pada proposal yang pernah diajukan.

c. Memberikan Laporan kegiatan dengan tembusan kepada satuan/ lembaga yang terkait. ( Mabi, Kwartir, Sponsor dll )


Source
: http://islam-download.net/cara-mudah-cepat/cara-membuat-laporan.html#ixzz1FXjyURu5

Contoh Laporan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Kegiatan Magang
1. Menambah pengalaman dalam dunia kerja
2. Menambah pengetahuan tentang sistem dan tata cara kerja perusahaan.
3. Menyalurkan ketrampilan yang ada pada diri kita khususnya di dunia kerja.

B. Tujuan Kegiatan Magang
1. Mendapatkan informasi serta memahami taat cara bekerja dan menerapkan dikemudian hari.
2. Penambahan nilai pribadi sesuai dengan bidangnya.

C. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang saya lakukan adalah observasi langsung dengan cara magang/ training selama 3 bulan.

BAB II
AGENDA KEGIATAN MAGANG
DI PT MEGA

A. Tujuan
1. Profil Perusahaan
PT. Mega adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri ban mobil, yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta
Perkembangan usaha yang sangat cepat sehingga fasilitas yang dimiliki semakin baik dan modern. Pemasaranyapun sudah bertaraf internasional dan satu-satunya industri ban di Salatiga.
2. Asuransi
Seluruh karyawan PT. Mega sudah mendapatkan Jamsostek sesuai dengan aturan perjanjian kerja dan apabila ada klaim dari karyawan, seperti kecelakaan kerja, kematian, ataupun pensiun maka diselesaikan dengan PT. Mega
3. Koperasi
Dalam perusahaan PT. Mega telah didirikan sebuah koperasi karyawan dengan nama koperasi MANDARI. Koperasi ini bergerak dibidang simpan pinjam dan dapat berupa uang maupun barang. Keberadaan koperasi ini sangat dirasakan manfaatnya oleh karyawan yang notabene sebagai anggota dengan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) setiap satu tahun sekali.

B. Agenda
1. Data Peserta
Nama siswa :
Nomor Induk Regristrasi :
Program : 1 tahun (setara D1)
Jurusan : Managemen Perusahaan
Waktu Pelaksanaan Magang :
Nama Pembimbing Magang :

2. Agenda Kegiatan
- Merapikan meja
- Mengelompokkan surat (ijin, tugas, tukar shift, memo).
- Mengeprint
- Foto Copy
- Mendata karyawan lembur

- Foto Copy
- Mendata karyawan lembur dikelompokan menurut minggu ke-, bulan dan tahun sesuai posisinya

- Foto Copy
- Mendata pelamar kerja kedalam buku agenda
- Mendaftar karyawan lembur
- Memotong kertas (Tugas, ijin, daftar karyawan tidak masuk, tukar shift, memo).

- Foto Copy
- Memotong kertas
- Mengetik surat P2K3 MS. Word
- Menerima telepon

- Mengetik surat P2K3 lanjutan MS. Word
- Memotong kertas
- Foto copy
- Mengetik standariasi statistik, kontrol proses, Ms. Exel.

- Koreksi karyawan lembur
- Mengetik standriasasi statistik kontrol Proses

- Koreksi yang lembur
- Data kartu Absensi karyawan

- Data kartu absensi karyawan
- Foto copy
- Mengisi blanko standarisasi statistik kontrol proses

- Koreksi karyawan lembur
- Foto copy
- Mengisi blanko standariasasi statistik kontrol proses

- Foto copy
- Mengetik daftar menu
- Mengeprint

- Foto copy
- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses
- Foto Copy
- Mengetik
- Mengisi blanko standarisasi statistik kontrol proses
- Koreksi karyawan lembur

- Foto copy + membendel
- Mengetik + mengeprint
- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses

- Daftar karyawan lembur
- Foto copy akte izin
- Mengetik manual

- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses
- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur

- Koreksi psikotes 2 karyawan Mega Semarang
- Foto copy
- Membuat buku agenda service dan pengeluaran solar

- Tes di Disnaker di LPPK BINATAMA

- Foto copy
- Mengetik daftar menu + mengeprint
- Mengisi data komputer keryawan libur
- Koreksi karyawan lembur

- Mengetik data karyawan libur
- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur
- Mengantar surat ke Poliklinik

- Libur ( keterlambatan bahan produksi )

- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur
- Mengetik data standarisasi statistik kontrol proses

- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur

- Mengisi dispensasi ( perkawinan, kematian, kelahiran )
- Mengetik data standarisasi statistik kontrol proses

- Mengetik standasrisasi statistik kontrol proses

- Koreksi transport bulan Maret 2006
- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses
- Koreksi Karyawan lembur
- Memberikan daftar absensi peserta training
- Foto copy

- Foto copy
- Mengisi kartu absensi karyawan

- Mengisi kartu absensi karyawan
- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur
- Menjamu tamu peserta tes di Semarang
- Koreksi psikotes karyawan

- Mengisi kartu absensi karyawan
- Mengantar barang ke poliklinik
- Menata barang ke almari
- Foto copy

- Foto copy
- Membari garis libur pada tiap shift

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dengan adanya pemagangan penulis telah melakukan observasi langsung dan dapat mengambil kesimpulan berupa :
1. PT. Mega merupakan perusahaan ban yang telah diakui keberadaannya di kota ...
2. Pemasaran hasil produksi sudah mencapai berbagai kota di Indonesia
3. Semangat dan kreatifitas para pejabat maupun karyawan sangat besar demi mendapatkan hasil yang maksimal

B. Saran
PT. Mega harus dapat meningkatkan kegiatan operasional industrinya agar dapat berkembang lebih luas lagi di dalam maupun luar negei dengan cara :
1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk industri
2. Meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan yang terlibat langsung dalam proses produksi tersebut
3. Meningkatkan kerja sama dan keterbukaan antar maup


Sumber:
Contoh Laporan Kegiatan Magang http://id.shvoong.com/how-to/writing/2093184-contoh-laporan-kegiatan-magang/#ixzz1Iz6CghAx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar