Sabtu, 30 Oktober 2010

Jurnal Review III

Tema : Kepuasan konsumen terhadap penyedia jasa internet.
Judul : Pengaruh persepsi nilai, harapan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada penyedia jasa internet di JABODETABEK
Penulis : Mohammad Iqbal, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma Tahun 2008
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai, harapan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada penyedia jasa internet (PJI) di JABODETABEK. data yang digunakan adalah data primer, dengan konsumen pengguna PJI di JABODETABEK. responden yang dipilih adalah responden yang menggunakan jasa PJI dengan pilihan dan keputusan sendiri dan dengan pemakaian rutin. kuesioner dikembangkan berdasarkan penelitian Chiou. data diolah dan dianalisis menggunakan bantuan perangkat lunak LISREL 8.51. dari hasil penelitian variabel persepsi nilai dan kepercayaan memengaruhi kepuasan akan PJI secara langsung dan signifikan. sedangkan untuk variabel harapan mempunyai pegnaruh yang negatif terhadap kepuasan konsumen.
Metodologi Penelitian :
A.) Variabel : (IV) Varabel bebas : Nilai, harapan, dan kepercayaan
(DV) Variabel terikat : kepuasan konsumen
B.) Populasi/Sampling : populasi sebanyak 232 orang.
C.) Alat pengambilan data : Teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi.
D.) Teknik analisis data : Analisis korelasi antar variabel dan analisis faktor.

Hasil Penelitian : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi nilai dan kepercayaan terhadap ISP di masa mendatang memengaruhi kepuasan akan ISP secara langsung dan signifikan. kenaikan persepsi nilai dan kepercayaan akan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap PJI yang digunakan. Hasil ini konsisten dengan temuan Chiou (2004) untuk pengaruh nilai yang dipersepsikan dan kepercayaan kepada kepuasan konsumen.
sedangkan untuk harapan tidak memengaruhi terhadap kepuasan konsumen. tingginya harapan konsumen terhadap ISP tidak memengaruhi kepuasan konsumen. hasil ini tidak konsisten dengan temuan penelitian Chiou (2004) yang menemukan bahwa harapan berpengaruhi secara negatif terhadap kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar